Telaah buku kurikulum
Mengapa kita harus mempelajarinya? Jawabannya karena PENTING. Penting karena untuk mencukupi salah satu kompetensi guru _ profesionalisme.
Tujuan : Dengan memahami kurikulum guru dapat memilih dan menentukan Materi, srtategi, pendekatan, metode, teknik dan media, teknik/alat evaluasi.
Tijuan pembelajaran bahasa Indonesia
Kebahasaan dan kesastraan
Kebahasan spy orang dapat berkomunikasi. Sedangkan tujuan sastra supaya ada empati dan dapat menghargai sastra.
strategi - rencana yg cermat mengrnai kegiatan untuk mencapai sasaran
Pendekatan - konsep dasar yg melingkupi metode dg cakupan teoritis tertentu
Metode - prosedur pembelajaran yg difokuskan pd pencapaian tujuan tertentu
Teknik- cara konkrit yg digunakan dlm proses pembelajaran.
KURIKULUM
Sejarah
Yunani, jarak yang ditempuh dalam lomba
Sejarah thn 1853 masuk sebagai istilah dalam pendidikan
Yaitu sebagai sejumlah mapel yg harus ditempuh di sekolah untuk mencapai suatu tingkatan. Konsep ini ditinggalkan karena membatasi ruang gerak siswa pd kelas saja.
Alberty dan saylor (1948)
Segala usaha sekolah untuk mempengaruhi siswa, di dalam sekolah maupun di luar sekolah
√ konsep ini bukan sekedar sejumlah mapel tapi segala kegiatan dan pegalaman belajar yang direncanakan dan dilaksanakan oleh lembaga pendidikan untuk mencapai tujuan.
Kurikulum ® seperangkat rencana/ pengaturan yg berisi tujuan, isi, bahan, cara, evaluasi, sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan.
Mencapai tujuan √ humanis√ utuh paripurna
@makhlul tuhan yg imtaq
@Makhluk individu yg memiliki berbagai kemampuan, sikap, nilai, kepribadian, sehat jasmani dan rohani.
@manusia sosial yg bertangug jawab thp bangsa, agama dan masyarakat
( dapat diringkas: keterpaduan antara jiwa raga yg religi dan kepribadian yg sosial)
KTSP
Kurikulum operasional yg disusun oleh tingkatan satuan pendidikan yg berisi:
Tujuan - nasional(humanis), institusional ( kelembagaan dg visi dan misi), kurikuler(pembelajaran), intruksional(tiap2 pelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar